Kamis, 04 Juni 2020

AQU SYUKURI PERNAPASANKU DAN LAWAN COVID19

AQU SYUKURI PERNAPASANKU DAN LAWAN COVID19 DENGAN “KFC”
Sistem Pernapasan melawan COVID 19

Allah ciptakan manusia dalam susunan tubuh yang sempurna dan seimbang seperti dalam firmanNya di surat Al Infithar ayat : 7

“yang telah menciptakanmu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh) mu seimbang,” (QS. Al-Infitar: 7)

Di dalam Al Qur’an (sumber pustaka Al Qur’an Kemenag RI) kesempurnaan dan keseimbangan yang Allah ciptakan pada tubuh manusia sudah dijelaskan agar kita manusia senantiasa dengan keimanan yang JUJUR dan penuh tanggungjawab pada diri sendiri dan lingkungan alam semesta ini untuk menjaga dan merawat system kehidupan baik pada tubuh manusia maupun diluar tubuh manusia. Sehingga peserta didik sebagai sasaran pembelajaran daring lebih interaktif mandiri dengan discovery learning lebih mengenal, memahami dan merawat/menjaga system kehidupan mulai dirinya sendiri dalam menjalani keseharian berdasarkan petunjuk hidup AQU (Akhlak Qur’an)
Pembelajaran PJJ/daring peserta didik tetap memulai pembelajaran dirumah dengan do’a ilmu bermanfaat dan tilawah/murojaah ayat Al Qur’an 1-3 ayat. Sebagai program KBM AQU JUDES, maka tilawah/bacaan disetor melalui g.classroom
Saat ini dunia sedang dilanda pandemic COVID19, corona virus yang merupakan mahluk ciptaan Allah dengan segala rahasia dan takdirNya untuk menjaga keseimbagan hidup di dunia ini dapat menyerang saluran dan organ pernapasan. Namun sistem pernapasan manusia memiliki sistem kekebalan/imunitas disetiap organ-organnya.
Peserta didik Kelas VIII SMP di dalam g.classroom, diajak belajar dengan pola HOTS dan STEM, dengan menyimak video pembelajaran “AQU lawan COVID19 dengan KFC” (klik disini). Serta dengan metode discovery learning mereka mereview dan berliterasi kembali dengan sumber pustaka Buku IPA VII SMP Kemendikbud, Klasifikasi Benda dan Mahluk Hidup. Juga browsing/googling tentang asal usul/identifikasi Corona Virus (Wikipedia Indonesia). Sehingga lebih KENAL corona virus, dengan mengenal peserta didik akan FAHAMI hubungan Antara system pernapasan dengan gangguan serta penyakit yang ditimbulkan oleh zat asing terutama virus ini.

Selain kenal maka Peserta didik dalam PJJ Pandemi COVID19  mengingat kembali apa yang telah mereka FAHAMI dengan berliterasi dan  mengamati serta menyimak video pembelajaran proses terjadinya pertukaran gas (Klik disini). Mereka telah fahami organ pernapasan manusia terdiri dari hidung, faring, laring, trakea, paru-paru yang didalamnya terdapat alveolus sebagai tempat pertukaran gas antara oksigen dan karbondioksida. Organ-organ ini yang dengan kesempurnaan dan keseimbangannya bekerjasama dalam proses pernapasan manusia. Inilah yang difahami para peserta didik.
Setelah peserta didik mereview pembelajaran ciri dan klasifikasi benda dan mahluk hidup, memahami system pernapasan beserta organ-organnya yang memiliki kekebalan/imun serta bersama AQU dengan berkarakter JUDES (Jujur, Disiplin dan Sukses) maka peserta didik senang dan siap berkomitmen untuk melakukan bentuk usaha  CEGAT dan bersatu lawan COVID19 bersama diriku sendiri, keluarga, sahabat rekan serta rakyat di negeri bangsa dan dunia  ini.  Lock Down dengan berbagai tahapan pencegahan penularan wabah covid19 yang terus disosialisasikan oleh pemerintah setempat untuk ditaati/dilaksanakan maka di kalangan peserta didik dengan tiga topic pembelajaran diatas akan bermakna  lebih luas manfaatnya karena ilmu yang mereka dapatkan di kelas telah tampak dan terasa saat ini di seluruh dunia. Stimulus pembelajaran ini nyata dan saatnya peserta didik berkolaborasi, bereksplorasi,  inovasi dan kreativitas menyikapi dengan baik pandemic COVID19.

Setelah ikuti pembelajaran PJJ/daring dengan topic “AQU Syukuri Pernapasanku” dan  “AQU lawan COVID19 dengan KFC” (Kenali Fahami Cegat) maka peserta didik berkomunikasi via g.classroom atau WAG untuk berkreasi membuat video pembelajaran yang dipublikasikan ke channel You Tube tentang system kehidupan manusia serta membuat artikel singkat CEGAT COVID19. Dengan media HP/Laptop dan berbagai  aplikasi media interaktif,  inilah beberapa karya inovasi peserta didik yang diharapkan ada refleksi/feed back pembelajaran pada masa dan pasca pandemic COVID19. Siswa semakin interaktif dengan metode pembelajaran yang berbasis TIK dan Internet walaupun ada beberapa kendala yang perlu dievaluasi diantaranya persiapan dan komunikasi yang baik dengan Antara siswa-ayah/ibu-operator teknis, Sarpras HP/Laptop disekolah dan dirumah, ketersediaan jaringan/sinyal kuat dan kuota, kejenuhan dirumah dan tidak ada teman. Semoga ini membawa hikmah model pembelajaran jaman millenial yang harus diakomodir oleh pemerintah dan lembaga pendidikan berwenang lainnya agar lebih baik.
Berikut beberapa respon pembelajaran dari siswa dan komentar guru di beberapa link berikut ini :
1.    https://www.youtube.com/watch?v=stDnrboclGY  (Video Pembelajaran)
2.    https://www.youtube.com/watch?v=EDsKPDh9Qbo (Video Pembelajaran)
3.    https://www.youtube.com/watch?v=Jx9B6jDEGfI (Video Pembelajaran)
4.    https://www.youtube.com/watch?v=q0nZ9hAZ_H4 (Video Pembelajaran)

Penulis : Mohamad Lukman, S.Si (SMP Islam At Tawwaabiin, Depok) 
    Sumber Pustaka
    Al Qur’an dan Terjemahan, Kemenag RI
    Ilmu Pengetahuan Alam, VIII SMP, Kemendikbud
    Website/google/internet

0 komentar:

Posting Komentar